TIPS LIBURAN BARENG ORANG TUA

February 23, 2018

 

Awal tahun kemarin ibuku sempat bilang begini “Februari nanti kita semua berangkat ke Yogyakarta sekalian nengok adikmu yang mau di wisuda, terus lanjut liburan disana”. Saking semangatnya untuk liburan di Yogyakarta, ibuku sudah googling semua destinasi wisata yang akan kami kunjungi nantinya. Ngeliat list destinasi wisata yang sudah ibu tulis, aku shock. Destinasi yang dipilih letaknya berjauhan untuk dieksplor dalam satu hari.

Aku : “Ini destinasinya jauh - jauh loh bu. Nggak mungkin sempet buat kesana seharian”.
Ibu : “Yaudah kamu atur aja. Ibu terima beres. Kan kamu ahlinya”.

Resiko punya kerjaan sebagai seorang travel blogger ya begini, selalu diandalkan untuk urusan jalan - jalan. Mulai dari ngurus tiket, penginapan, tempat wisata sampai tempat oleh - oleh.



Sebenarnya ini bukan kali pertama aku liburan bareng orang tua sih (orang tua dalam arti ayah dan ibu maupun orang yang lebih tua). Walaupun sudah biasa melakukan perjalanan sendiri, tetap saja aku harus memikirkan ‘orang lain’ dalam hal ini. Mau menginap dimana, mau makan apa, mau jalan - jalan kemana. Intinya makin banyak orang, makin banyak pula ‘keinginan’ masing - masing. Dan yang paling penting harus sabar dan strong menghadapi mereka.

Dan untuk kalian yang mau liburan bareng orang tua, silakan membaca artikel ini sampai selesai. Mana tau kan bermanfaat untuk liburan bareng orang tua sendiri ataupun calon mertua. Oke lanjut.



1. Buatlah Itinerary yang Super Santai
Satu hal yang perlu kalian ingat saat liburan bareng orang tua bahwa fisik mereka tidak segesit jaman mereka muda dulu. Sebisa mungkin itinerary yang dibuat tak sepadat itinerary saat liburan bareng anak muda. Kenapa begitu ? karena orang tua hanya ingin sekedar tahu akan destinasi yang akan dikunjungi. Datang ke lokasi, foto - foto, kemudian pulang. Beda sama anak muda yang rasa ingin tahunya tinggi.


2. Pilihlah Transportasi yang Tepat dan Akomodasi yang Nyaman
Transportasi jadi hal penting saat kalian liburan bareng orang tua. Mulai dari transportasi pergi dan pulang dari kota asal menuju kota liburan hingga transportasi selama liburan disana. Karenanya pilihlah transportasi yang sesuai keinginan orang tua kalian.

Contohnya ayah dan ibuku yang nyaris nggak pernah naik kereta jawa antar kota.
Maka sesuai keinginan merekalah, akhirnya aku memilih transportasi kereta api dari Jakarta menuju Yogyakarta. Semua karena keinginan mereka, supaya punya pengalaman naik kereta antar kota. Habis dari situ mereka ketagihan buat naik kereta api hahaha.
Untungnya sekarang pesan tiket kereta api serba mudah. Palagi udah bisa beli online. Udah nggak perlu ngabisin waktu buat ngantri beli tiket di stasiun.

Transportasi udah kelar terus lanut ke akomodasi. Nah untuk akomodasi ini aku sarankan untuk memilih akomodasi yang nyaman bagi orang tua. Sebenarnya penilaian nyaman tiap orang itu beda - beda sih. Ada yang merasa nyaman walaupun hanya tinggal di penginapan biasa, namun ada juga yang abru bisa merasa nyaman kalau tinggal di hotel bintang lima. Baiknya untuk akomodasi didiskusikan bersama. Apakah hanya untuk sekedar tempat istirahat saja atau tempat tinggal dengan fasilitas lengkap.
Penting : pilihlah penginapan yang strategis (misalkan bisa diakses oleh taksi online) dan punya review positif supaya nggak zonk.


3. Pilih Destinasi yang Cocok (sesuaikan sama karakter orang tua)
Pemilihan destinasi yang akan dikunjungi harus disesuaikan dengan karakter dan kemampuan fisik orang tua. Age is just a number. Banyak juga orang tua yang udah berumur tapi jiwanya anak muda banget dan masih strong buat diajak trekking.



Kalau orang tua kamu tipikal yang kurang suka untuk diajak kegiatan yang lumayan menantang, jangan dipaksain. Niat liburan bersama malah kena musibah. Kalau liburan bareng orang tua biasanya aku ngajak mereka ke destinasi yang ramah untuk mereka melakukan berbagai aktifitas. Mulai dari candi sampai theme park. Ramahnya kenapa ? karena kedua destinasi itu bisa sekalian piknik sambil bawa rantang dan makanan sendiri hahaha.

Bingung sama destinasi yang akan dipilih ? mungkin pilihan aktifitas macem berkuda, bersepeda, nonton konser hingga berkunjung ke theme park bisa jadi pilihan. Coba aja beli tiket event di Tokopedia.


4. Jangan Lupa Bawa Obat - obatan dan List Rumah Sakit Terdekat
Hal penting lainnya saat liburan bareng orang tua yakni memastikan mereka membawa obat - obatan pribadi. Nasib baik jika kalian travelling di tempat yang menyediakan obat - obat seperti yang kalian punya. Kalau sedang travelling ke daerah pasti sangat sulit mencari obat yang sama seperti punya orang tua kalian.

List rumah sakit yang ada di kota liburan pun penting. Jaga - jaga kalau terjadi emergency saat liburan bareng orang tua. Biasanya aku selau bikin list rumah sakit di tempat tujuan liburan. Biasanya list tersebut akan aku bagikan melalui chat whatsapp.


5. Print Out Semua Tiket dan Boarding Pass
Liburan bareng orang tua berarti kalian sudah siap untuk mengurus semuanya. Salah satunya hal simple ini. Walaupun sekarang sudah serba digital, print out tiket dan boarding pass akan sangat membantu saat berada di Bandara. Apalagi saat emergency ketika handphone tiba - tiba tidak menyala. Nggak mau kan kalau sampai ketinggalan pesawat hanya gara - gara handphone mati total dan nggak bisa nengok kode booking.

Nah mungkin segitu dulu tips buat liburan bareng orang tua. Kalian yang sering liburan bareng orang tua mungkin bisa kasih tips dan tricknya atau kalau mau share pengalaman liburan bareng orang tua juga boleh.

You Might Also Like

8 komentar

  1. Yap,list diatas setuju banget. Traveling kan harusnya have fun - aman - nyaman ya, jadi kalo bareng orang tua ya buatlah mereka seperti itu. Karena memang manusia itu unik, dan juga karena perbedaan usia dan fisik, ya harus menyesuaikan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju. Semakin berumurnya orangtua, semakin unik mereka. Kadang minta lebih diperhatiin macam kanak kanak :). Karenanya buatlah itinerary liburan bersama orang tua senyaman mungkin.

      Delete
  2. kok kebalik ya?! saya kalau traveling bareng orangtua justru lebih sering terima beres dan ikut aja.
    soalnya semua itinerary sudah diatur sama bapak dan dilarang bongkar pasang euy.
    hahaha.
    jadi tinggal duduk manis aja deh, jadi anak yang baik. wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeeh ini kok jadi lo yang terima beres sih mbak. TOP banget sih bapakmu masih menyediakan semua itinerary untuk keluarganya. Saluuut.

      Ini elu tinggal duduk manis doang minta digetok deh aaah hahaha. Tapi lo yang bantu - bantu motret kan yes.

      Delete
  3. Kalo liburan sama orang tua tuh sama kayak liburan sama anak-anak. Mesti santai dan gak boleh ambisius hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan harus sabar hahaha. Kadang ada aja hal - hal yang gak sepemikiran sama orangtua dan kudu pinter jaga mood hahaha.

      Delete
  4. Hihi jadi travel planner yaa buat keluarga, Raisa...asyik bangeet liburan sekeluargaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya travelling buat kerjaan, kali ini travelling sambil quality time sama keluarga mbak hehehe.

      Delete