Kunjungan ke Desa Napal Licin beberapa waktu lalu jadi salah satu unforgettable moment buatku. Walaupun baru pertama kali dateng ke sana. Ternyata Sumatera Selatan tuh potensi wisatanya nggak kalah sama Provinsi lain yang ada di Indonesia


Berikut Lima fakta yang harus kalian tahu tentang Desa Napal Licin.


1. Transportasi ke Desa Napal Licin Cuma Bisa Lewat Jalur Darat

Terletak di Kecamatan Ulu Rawas, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan, Desa Napal Licin ini hanya bisa ditempuh menggunakan transportasi darat selama empat sampai lima jam jika berangkat dari kota Lubuk Linggau. 


Desa Napal Licin ini merupakan desa terakhir sebelum menuju Goa Napal Licin yang menjadi salah satu destinasi wisata minat khusus yang sempat mendunia. 

kiri ke kanan : Medan Jalan Napal Licin. Foto bareng warga lokal cilik. Jalanan Kosong.

2. Mayoritas Penduduk Napal Licin Petani-Pekebun

Penduduk Napal Licin memiliki mata pencaharian di bidang agrari, seperti pertanian dan perkebunan. Komoditas utama desa ini adalah karet dan kopi. Biasanya ibu-ibu di Desa ini akan sibuk sekali kalau sudah masa panen karet. Mereka langsung turun langsung ke kebun dan menyadap karet. 

Ekspresi ibu-ibu saat panen karet.

3. Cuma Axis yang Top Sinyalnya

Sebelum berkunjung ke Desa Napal Licin, siap-siap untuk hilang sinyal bagi provider Telkomsel, Indosat, Tri, dan XL. Untuk provider yang sinyalnya paling kencang dan stabil hanya Axis (karna cuma Axis yang sudah punya tower di Desa Napal Licin). 

Aku saat mencari sinyal :)

Fakta lainnya, walaupun Axis punya tower di sana, tapi teteup harus pake aplikasi tambahan untuk mengunci sinyal biar bisa internetan (ini hasil obrolanku dengan anak muda di Napal Licin).

Selain Axis, desa Napal Licin ini juga punya koneksi wifi berbayar yang vouchernya bisa kalian beli di kios khusus (karena keterbatasan waktu, aku ngga sempat buat mampir ke sana. Mungkin ini pertanda kudu balik lagi ke Napal Licin yes!)


4. Punya Destinasi Wisata yang Mendunia (sebelum krisis moneter)

Konon sebelum krisis moneter di negeri tercinta ini, Desa Napal Licin punya destinasi wisata yang mendunia yakni Goa Napal Licin. Dulu wisatawan asing sering berkunjung ke goa ini pada tahun 1992-1998. Bahkan pernah dibangun tempat peristirahatan bernama “Rawas River Lodge” yang pernah berjaya pada masanya.

Goa Batu Napal Licin

Semenjak krisis moneter, kunjungan wisatawan ke Goa Napal Licin menurun drastis, pun berakibat lumpuhnya sektor pariwisata di sana.


Baca : Goa Napal Licin, Wisata Minat Khusus di Muratara


5. Ada Air Terjun di Napal Licin

Walau lokasinya sangat jauh dari pusat kota, Napal Licin punya pemandangan yang indah dan destinasi wisata yang cantik. Selain Goa Napal Licin yang mendunia, desa ini juga punya Air Terjun yang akses menuju ke sana sangat aman. Tinggal naik biduk/perahu menyusuri sungai kerali dan lanjut trekking sekitar 15 menit, sudah bisa melihat air terjun. 

istirahat dulu habis trekking bestie.

Pemandangan selama menyusuri sungai sangat cantik ! apalagi hutan yang masih asli karena lokasi air terjun ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).


Ngga jarang saat menyusuri sungai, kalian bisa liat pemandangan penduduk desa yang sedang mandi hingga mencuci. Bahkan kalau beruntung, bisa lihat rombongan sapi yang lagi santuy makan rumput di sekitar sungai.


Well aku kayaknya wajib buat balik lagi ke Desa Napal Licin ini buat eksplor lebih jauh tentang Goa Napal Licin dan Berenang di Air Terjun Sungai Kerali!.


Doc : Pribadi & Tim Digital Media Disbudpar Sumsel

*Perjalanan ini dalam rangka Famtrip bersama Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan.