"Banyak orang beranggapan kalau Jakarta itu ngebosenin!Tapi bagi saya Jakarta itu ngangenin!!!.Bukan kangen sama banjir, macet dan kejahatan ibukota. Say NO!!!" 

Saya lebih kangen sama event – event bertaraf nasional dan internasional yang sering banget dilaksanakan di ibukota. Nggak tanggung – tanggung, tiap minggu selalu ada saja event keren dan seru yang wajib banget didatangi. Macem event kece yang baru saya datangi hari ini. “Jalur REMPAH”. 


Jalur Rempah : The Untold Story 

Perhelatan tahunan The Museum Week tahun ini mengangkat tema yang sangat kuat “Jalur Rempah : The Untold Story”. Kalau selama dua tahun berturut – turut, acara The Museum Week diadakan di Mal Senayan City dengan menampilkan museum – museum yang ada di Jakarta. Nah, untuk tahun ini The Museum Week digelar di Museum Nasional (Museum Gajah). Beberapa orang menyebut Museum Nasional dengan Museum Gajah, karena persis ketika memasuki kawasan museum nasional, pengunjung disambut sama hewan lucu dan menggemaskan ini dalam bentuk patung hihi. 

Berbicara tentang rempah, saya langsung teringat dengan daerah – daerah di Indonesia Timur sebagai penghasil rempah terbaik *duh saya jadi pengen balik ke Timur lagi*. Jalur rempah sendiri sudah menjadi denyut kehidupan nusantara lho!!!. Masih ingat dengan tulisan saya ini. Rempah itu Mahakarya Indonesia banget. Bahkan bangsa asing rela berlayar ke nusantara demi rempah – rempah. Mereka rela menerjang samudra, ombak, dan badai. Cuma demi rempah – rempah!!. bahkan menurut legenda, rempah – rempah adalah makanan para dewa. *trus saya mikir, apa saya keturunan dewa yah?? tiap hari saya makan rempah – rempah soalnya*.

Masih inget sama Marco Polo ???
Beliau aja sampe bikin catatan yang isinya perjalanan dalam ekspedisi ke negeri penghasil rempah. sampe bela – belain buat bawa orang pribumi dan beberapa tanaman rempah ke Eropa. Gilaaa yaa!!! Niat banget si Marcopolo. Semua dia lakukan demi rempah – rempah, makanan dewa dengan harga yang menggila bila dijual di Eropa sana.

Ketertarikan saya pada rempah – rempah sudah lama saya pendam. Sama kayak perasaan saya sama dia *malah tjurhat*. Makanya ketika tahu ada Event Jalur Rempah di Museum nasional, saya begitu antusias buat hadir!. Jalu Rempah ini berlangsung dari tanggal 18 – 25 Oktober. Banyak aktifitas seru disini. Ada pameran jalur rempah, display foto perjalanan, video screening, diskusi mengenai rempah, hingga bedah buku mengenai rempah – rempah dan kalian juga bisa ikutan jamuan Negeri rempah lho (untuk biayanya bisa ditanyain kepanitia yah *saya lupa nanya ^^).

Kita bertiga mah Fix Cinta Indonesia Banget !!!
Ngaku cinta Indonesia???
Jangan lupa buat dateng ke acara Jalur Rempah di Museum Nasional yaaah.
Bule – bule yang udah oma opa aja tertarik buat dateng kesini. Masa ia kita yang muda nggak dateng kesini. 
Yuuk tunjukin kalo anak muda Indonesia cinta sama kebudayaan dan sejarah Indonesia. Jangan lupa juga buat keliling Museum nasional yah!. Desain interiornya ciamik!. 




Note :
Tarif masuk Museum Nasional : 
Dewasa (5000), Anak – Anak (2000), Turis (10000) 

Jam buka Museum Nasional : 
Senin – Jumat 08.00 – 04.00pm 
Sabtu – Minggu 08.00 – 05.00pm 

Transportasi menuju Museum Nasional : 
Transjakarta rute Blok M - Kota atau sebaliknya dan berhenti di halte Museum Nasional. Bisa juga dengan bus city tour (bis mpok siti) turun di Halte Museum Nasional.


Teks & Foto : Astari Ratnadya