Bepergian dengan pesawat menjadi transportasi pilihan bagi sebagian orang. Selain harga tiket pesawat yang sekarang makin terjangkau, waktu tempuh menuju lokasi pun lebih cepat. Tapi jangan sampai ada tragedi ketinggaln pesawat yah (kemarin saya nyaris ketinggalan pesawat waktu di Bali).
Berikut Tips Menghindari ketinggalan Pesawat :
1. Berangkat ke bandara lebih awal
Hal paling penting ketika bepergian menggunakan pesawat yakni memperhitungkan waktu tempuh menuju bandara. Berangkat ke bandara lebih awal adalah solusi terbaik bagi kalian yang jarak tempuh ke bandara berjam – jam. Selain menghindari macet yang tidak bisa diprediksi, resiko ketinggalan pesawat pun dapat dihindari.

2. Persiapkan tiket dan identitas diri
Hidup di era digital sangat memudahkan bagi kita yang doyan traveling. Tiket pesawat sekarang sudah ada yang digital dan bisa langsung ditunjukkan melalui smartphone. Baiknya juga untuk menyimpan identitas diri dalam bentuk digital di handphone. In case kalau terjadi kecopetan selama perjalanan, setidaknya masih ada ‘stok’ lain.



3. Gunakan fasilitas online check-in
Hampir semua maskapai penerbangan telah menyediakan aktifitas online check-in mulai dari web check-in sampai dengan self check-in di bandara. Di beberapa maskapai, web check-in ini dikenakan biaya sebesar Rp 30.000 karena sekaligus memilih seat. 


Sedangkan fasilitas self check-in di bandara biasanya tersedia tak jauh dari counter check-in. Untuk fasilitas self check-in yang ada di Bandara negeri kita tercinta ini banyak yang hanya sebagai pajangan (baca : tidak menyala ; tidak berfungsi dengan baik).

4. Pastikan terminal dan gate
Selalu pastikan kembali terminal dan gate keberangkatan kalian. Apalagi kalau terbang melalui bandara International Soekarno Hatta yang begitu luas, salah terminal saja bisa berakibat ketinggalan pesawat!. Tips : setelah proses check in, lihat dengan jelas boarding pass kalian dan tanyakan sama mbak – mas petugas bandara letak gate keberangkatan kalian. Jangan malu untuk bertanya yeeees!



5. Dengarkan informasi dengan baik
Kalau sudah sampai di ruang tunggu, selalu pasang telinga untuk mendengar informasi melalui pengeras suara bandara. Jangan sampai terlalu asyik dengan smartphone ya. Boleh sih check-in terlebih dahulu di path/Instagram/twitter/facebook asalkan tetap ingat jam boarding.
Dan bagi saya, jam tangan adalah must item yang selalu dibawa selama bepergian. Baik perjalanan darat, laut, udara. Karena lebih simple tanpa harus mengambil dan membuka handphone hanya untuk melihat waktu. Untuk jam tangan yang saya gunakan selama traveling selalu saya sesuaikan dengan medan yang dituju.