Dari pengalaman bikin visa China bulan lalu, menurutku visa China ini jadi salah satu visa yang sangat mudah mendapatkannya. Asalkan persyaratan lengkap, cuma butuh waktu tiga hari untuk proses Approved.

Beberapa data visa pada foto sengaja di Blur 😋.
Dokumen yang perlu disiapkan :
  • Form Aplikasi Visa
    Silakan mengisi form aplikasi visa China secara online disini, kemudian di print untuk dibawa saat pengajuan visa. Form haru
    s diketik (tidak boleh tulis tangan).
    Tips : untuk pekerjaan tulislah pekerjaan yang tidak bersinggungan dengan media. Karena jenis visanya akan beda lagi. Jika baru lulus kuliah, tulis saja freshgraduate.
  • Pas Foto ukuran 48 x 32 mm (2 lembar)
    Pas foto harus sesuai dengan ketentuan yang sudah dibuat oleh pihak kedutaan China. Silakan lihat ketentuannya dibawah ini.

  • Paspor Asli dan Fotokopi  Lampirkan paspor beserta fotokopi paspor halaman depan dan belakang.
  • Fotokopi KTP dan Kartu KeluargaLampirkan juga fotokopi KTP dan fotokopi kartu keluarga.
    *jika traveling ke China bersama keluarga, cukup lampirkan 1 fotokopi kartu keluarga saja.
  • Fotokopi Tiket Pesawat dan Reservasi HotelTiket pesawat pulang pergi wajib dilampirkan.
    Untuk reservasi hotel, aku menggunakan situs booking.com yang 100% free bebas biaya kalau cancel. Jadi tinggal booking hotel kemudian print reservasi hotel.

  • Itinerary Contoh itinerary bisa dilihat dibawah ini.

Lokasi Pembuatan Visa China :
The East Building, Mega Kuningan - Lantai 8.
Chinese Visa Application Service Center (CVASC) 
Waktu Pengajuan Visa : 9 am - 3 pm
Waktu Pengambilan Visa : 9 am - 4 pm

Nah setelah persyaratan dokumen untuk visa China, kalian bisa langsung menuju The East dan menuju lantai 8 dan mengambil nomor antrian. Nanti security yang jaga bakalan nanya keperluannya apa (pengajuan visa atau pengambilan visa).

Oh ya jangan heran jika sudah sampai di lantai 8 dan suasana ramai sekali. Kalian pasti bakalan ngeliat orang - orang pada bawa paspor lebih dari 10. Pembuatan visa China ini bisa diwakilkan oleh orang lain lho.

Pelayanan visa disini sangat cepat. Ketika nomor dipanggil, kita bisa menuju loket sambil menyerahkan dokumen pembuatan visa. Petugas dengan sigap mengecek satu persatu dokumen yang sudah kita bawa. Terkadang ada beberapa pertanyaan yang diajukan. Seperti pekerjaannya apa ? perusahaan tempat kerja bergerak dibidang apa? (yha pertanyaan standar saja sih).

Jika persyaratan sudah lengkap, kalian akan diberi secarik kertas "Pickup From" untuk pengambilan visa nantinya (100% visa pasti di approve jika persyaratan lengkap).



Biaya Pembuatan Visa China :
Untuk single entry biayanya sebesar IDR 540.000 dan dibayarkan saat pengambilan visa. Cuma butuh waktu tiga hari untuk proses approval visa.

ini biaya untuk dua visa China Single Entry.

Gampang banget kan prosesnya. Daripada bayar mahal lewat calo, mending urus sendiri kan 😌.