*Disclaimer : Tulisan ini tuh aku tulis waktu di Wisma Atlet Kemayoran, terus ngga selesai, aku lupa karena saing sok sibuknya hahaha. Well kita lanjutin yok.

Selamat Tahun Baru 2021 
untuk kalian semua yang baca blog ini.

Postingan kilas balik ini agak telat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Nggakpapa lah ya biar jadi pengingat aja sekalian aku flashback dalam 2020 kemaren ngapain aja hahaha.

Anyway aku tuh rutin nulis cerita Kilas Balik ini sejak 2017 silam, Yoklah kita mulai ceritanya dari pekerjaan, kehidupan, perjalanan, hingga percintaan (lagi lagi skip ajalah bagian ini).  

Kilas Balik 2020 ini lebih berat dibanding kilas balik tahun-tahun sebelumnya, karena pandemi yang belum berkesudahan di Indonesia. Thank's God aku bisa melaluinya dengan baik.

PEKERJAAN.

Tahun 2019 lalu aku kehilangan rekan kerja yang cukup dekat denganku dari jaman kantor masih Menara Selatan, sampai pindah ke Mega Kuningan. Nah tahun 2020 pun aku kehilangan kembali rekan kerja yang dulu pernah nginep di apartemenku, tapi apesnya dia nginep pas aku pindahan ke unit lain. Jadilah dia aku suruh bantu-bantu bawain barang hahaha.

Sedih ngga kehilangan rekan kerja lagi ? pastilah. Apalagi mereka yang memilih cabut duluan ini cukup dekat denganku, temen gibah (astagfirullah) dan juga temen makan bakso tomyam. Tapi aku sangat menghargai keputusan mereka. Aku yakin mereka akan sukses dengan pilihannya masing-masing. Aku sebagai mantan rekan kerja mereka, selalu bahagia ketika nengok hal-hal baru yang mereka kerjakan. Alhamdulillah kita nggak lost kontak yaaah!

Drama - drama di dunia perkantoran mah pasti ada. Kesel - keselan, kecewa, bahkan marah, pasti setiap kantor pun mengalaminya. Tak jarang aku mendapati curhatan dari rekan kerja yang lain. Terima kasih tuhan karena aku bisa bikin mereka yang curhat denganku ini terus semangath sampai detik ini. Terima kasih juga kepada kalian yang sudah percaya untuk cerita unek-uneknya kepadaku. Padahal aku suka ngetawain cerita kalian. Sini gua peluk virtual dulu πŸ˜†
Inget banget tahun lalu aku merasakan unpaid leave 3 bulan. Kala itu awal-awal Corona eksis di Jakarta. Nggak jelas apa penyebabnya, tapi aku yakin everythings happens for a reason. Jujur saat awal 2020 waktu tau aku "sakit", aku sempet doa gini ke tuhan "Ya tuhan, aku mau istirahat dulu". Eeeeh beneran disuruh istirahat tiga bulan total wakaka. Ternyata bener yah pintu rejeki tuh dari mana aja. Kalau ada satu pintu tertutup, ada pintu lain terbuka. 

Anyway saat aku kena unpaid leave, keluargaku ngga tau. Cuma adikku Tya yang aku ceritakan. Namanya naluri orangtua yah, mungkin saja mereka tahu. Karena selalu nelpon dan nanyain "Lagi korona kayak gini digaji ngga mba?" tanya ibuk. Aku yang denger di ujung telpon ya cengar cengir sambil bilang "tenaaaaang" padahal dalem hati pilu juga wakaka.


Semoga 2021 ini kita semua bisa makin sabar dan makin sehat yah fisik dan mentalnya. Kalau capek istirahat, tubuh kita berhak rehat sejenak. Kalau ada ujian yuk sama-sama saling menguatkan. 
Kalau ada masalah, yuk sama-sama kita cari solusi bareng-bareng. Kalau nggak ada gelap, kita nggak bisa liat bintang kan? sama halnya kalau nggak pernah ada masalah, kita nggak pernah belajar jadi lebih baik. 

Update terbaru, salah satu karyawan di kantor yang udah aku anggep sebagai "adik" memutuskan resign pada Juni tahun ini. Aku kehilangan bintang lagi. Sedihnya aku nggak bisa bertatap muka untuk menyampaikan salam perpisahan. Terima kasih untuk semua canda tawa selama gawe bareng yah! (masih nyempetin juga doi naroh coklat ini di laciku).


KEHIDUPAN.

Jujur saja tahun 2020 kemarin tahun yang berat banget untukku. Bisa bertahan sampai akhir tahun aja rasanya bersyukur banget. Banyak sekali aku dapet ujian di 2020. Awal tahun 2020 ibuku masuk rumah sakit karena struk, kemudian Februari aku masuk IGD sendirian (ngurus semuanya sendiri) dan selama lima jam di IGD cuma di observasi aja, sampe akhirnya aku minta pulang ke rumah dan baliknya naik ojek online pula *pukpuk diri sendiri yang  sungguhlah kamu strong sekali wahai Astari (kok tetiba mewek).


Lanjut bulan Maret aku harus mendapati kenyataan kalau aku punya kista sebesar >10 cm di ovarium kanan. Kista Dermoid yang sudah menempel di tubuhku sejak aku lahir. Kalo kata dokter, kista dermoid ini adalah kembaranku yang nggak jadi πŸ˜”.

Seperti yang aku ceritain sebelumnya, Maret juga aku kena unpaid leave dari kantor bersama beberapa karyawan lainnya. Sedih nggak ? ya sedih sih. Tapi aku nggak mau ambil pusing, masih banyak kegiatan lain yang bisa aku lakukan untuk make money dan alhamdulillah tuhan maha baik. Beberapa brand mengajakku bekerjasama dan nominalnya bisa nutupin gajiku yang kosong selama tiga bulan. 

Aku percaya, aku tuh bukan lagi di uji. Tapi sedang dikuatkan buat dapet hadiah terindah.

Bulan Agustus aku dikejutkan dengan jadwal operasi mendadak, kala itu aku hanya kontrol seperti hari-hari sebelumnya, karna memang hasil PCR test belum keluar. Eh pas nyampe di ruang dokter, "Oke hari ini langsung rawat inap yah. Besok operasi" kata dokterku. "HAH" gimana gimana gimana. 

Kaget lah aku. Ngga ada bawa apa-apa. Orang cuma bawa laptop doang. Dan itupun ditemenin sama si Arisman. Kocaknya waktu dikabarin harus rawat inap segera, harus ada formulir yang di-sign oleh pihak keluarga. Jadilah Arisman yang "act like my family"  (thankyou Ris selalu menemani. Biar tuhan yang bales kebaikan lo ya). Masuk ke ruang rawat inap, Arisman yang tiduran di bed, sedangkan gua masih kerja πŸ˜…. Inget banget kala itu adekku si Arief baru dateng maghrib karena nyelesain kerjaan dia dulu, dan shock banget nengok dia bawa koper segede gaban. Jadi pas tau hari itu aku rawat inap, dia main masukin aja barang-barangku di koper. Yah namanya cowok yah bund (untung aja dalemanku pada lengkap dia bawain). Cerita tentang operasi akan aku sambung di next post aja (karena rasanya aku tuh oeprasi kayak becanda aja. Semuanya serba cepet. Jadwal dadakan. Hari H malah belum ada jadwalnya. Semuanya dimudahkan.
Makasih ya Astari, karena kamu sudah kuat dengan keadaan ini. No matter how they talk about you.

Aku mau ucapin makasih banget untuk orang-orang baik yang udah bantu aku selama aku operasi kala itu, yang udah donorin darah dan temen-temen di IPB yang sumpah yah bikin nangis pas dibuatin video ini (sila di klik). Makasih juga temen-temen semua yang udah bantu doa kala itu. Operasinya berjalan lancar. Special thanks buat keluargaku yang doanya ngga pernah putus.


PERJALANAN.
Perjalanan selama 2020 lebih sedikit dibanding tahun 2019. Corona udah mulai eksis soalnya di Indonesia. Seingetku tahun kemaren itu aku melakukan perjalanan ke Cochin dan Mumbai di awal tahun, terus ke Magelang di bulan Februari atau Maret gitu lupa, sepanjang Februari sampe September bolak balik Rumah Sakit Fatmawati, lanjut ke Palembang bulan Oktober buat celebrate ultah ibuk dan akhir tahun ke Yogyakarta sekalian sharing tentang dunia konten kreator dan pariwisata bareng anak muda yang enerjik dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. 
Santa Cruz Cathedral Basilica, Cochin

Komplek Perumahan di Cochin

Taj Hotel yang jadi lokasi film Hotel Mumbai

Gate of Mumbai. Do I  looks like local ?

Say Hi to my new friends :)

Mumbai jadi salah satu destinasi favoritku, kotanya super modern dengan arsitektur khas Inggris yang cakep banget. Kalau Cochin nih adem dan nggak terlalu rame. Vibesnya juga enak buat jalan sore di sekitar kawasan Fort Kochi.


PERCINTAAN.
Ekspresi kalo ditanya, jadi kapan ngasih undangan ? 
Doain aja yah wakakaka
Sama seperti tahun - tahun sebelumnya, aku tuh nggak gampang cerita tentang percintaan ke orang - orang. Apalagi kalau belum Halal. Nantilah yah kalo sudah waktunya aku kabarin di sosmed HAHAHAHAHA.

***

Selamat Tahun Baru semuanya. Eh udah bulan Agustus ding yang mana artinya aku bakal ulang tahun tanggal 18 Agustus nanti hahaha. Terima kasih untuk orang-orang baik yang menemani lika liku hidupku di 2020 kemarin. Maafkan aku yang banyak salah sama kalian. Jangan bosen-bosen buat tegur aku yah kalau aku ada salah.
*salaman virtual πŸ™‹.